Subscribe:

Kamis, 20 Oktober 2011

Membuat Aplikasi Sederhana dengan Bahasa Java menggunakan NetBeans 6.0.1


Dalam pembuatan Aplikasi sederhana ini, kita menggunakan NetBeans 6.0.1. Jika Netbeans 6.0.1 belum
terinstall di computer pc anda, maka tidak usah khawatir, Anda dapat mendownload aplikasi ini secara
gratis karena aplikasi ini Open Source.
1. Buka NetBeans IDE 6.0.1 kemudian buat project baru dengan cara File à New Project.
2. Kemudian, pilih java à Java Desktop Aplication, kemudian klik “Next”

“Jika anda ingin mengeksplore lebih jauh, anda dapat melihat sample yang sudah disediakan oleh
NetBeans IDE 6.0.1. “

3. Kemudian, Berilah nama Project anda “PerpustakaanSederhana”. Pastikan pada kolom “choose
Application Shell” yang sedang aktif adalah Basic Application. Setelah itu, pilih finish.



Setelah berhasil, maka tampilan akan seperti berikut,


4. Klik dua kali pada PerpustakaanSederhanaView.java pada panel sebelah kiri. Anda dapat
menambahkan items yang dapat anda gunakan dengan men-drag and drop items yang tersedia
pada palette di bagian kanan.


5. Tambahkan beberapa item tambahan seperti label, button, dan table dari palette bagian kanan
seperti pada gambar

6. Setelah drag and drop item-item yang sesuai, maka ubahlah nama variable pada button
“tambah” dengan cara klik kanan pada button “tambah” kemudian pilih change variable name
dan berilah nama “tombolTambah”

7. Ubahlah juga nama variable dari table menjadi “tabel” dengan cara yang sama. Untuk melihat
Tampilan sementara anda dapat menekan tombol “preview design”. Untuk menjalankan
program yang telah anda buat tekan tombol (play hijau) pada toolbars.

8. Klik kanan pada table, kemudian pilih “Customize Code”.



9. Ubahlah seperti gambar diatas, Anda telah melakukan perubahan pada bagian title table dan
variable menjadi public. Perubahan pada title dapat terlihat jika anda me-run program anda
dengan cara menekan tombol . (play hijau)

10. Langkah Keempat, Buatlah file baru, dengan cara File - à New File -
 Pilih Swing GUI Forms à JFrame Form. Tekan Tombol Next. Berilah nama
kelas “TambahBuku”.


11. Buatlah Form pengisian data buku perpustakaan menggunakan label,button, dan textfields
untuk input dari pengguna seperti dibawah ini,



12. Setelah itu, ubahlah nama variable dari masing-masing textfield dan Button OK serta Cancel.
Buatlah file Java Class dengan nama “Buku”

13. Buatlah constructor Buku seperti berikut:
14. Kemudian bukalah PerpustakaanSederhanaView source tambahkan container berupa ArrayList
atau Vector bernama “database” untuk menampung objek buku yang akan kita buat. Jangan
lupa tambahkan java.util.ArrayList pada program.
15. Langkah berikutnya adalah buka form pengisian buku yang telah dibuat tambahkan event pada
button cancel, dengan cara klik kanan pada button cancel à Events à Action à
actionPerformed
16. Kemudian, masukan code seperti berikut:
this.dispose(); à hal ini dimaksudkan untuk membuat frame dibuang/ditutup ketika di tekan
tombol cancel. Kemudian kembali ke design. Kemudian buat variable dengan tipe PerpustakaanSederhanaView sebagai global variable dan method untuk men-set variable view.

17. Kemudian tambahkan juga ActionPerformed pada button OK, seperti berikut

18. Buka Kembali design PerpustakaanSederhanaView, tambahkan actionPerformed pada button
Tambah,

19. Langkah Terakhir, Run Program yang telah Anda buat. Aplikasi sederhana perpustakaan telah
selesai.















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi  bergerak gif